QOS

QoS tidak selalu berarti pembatasan bandwith. QoS adalah cara yang digunakan untuk mengatur penggunaan bandwith yang ada secara rasional. QoS bisa digunakan juga untuk mengatur prioritas traffic berdasarkan parameter yang diberikan, menghindari terjadinya trafik yang memonopoli seluruh bandwith yang tersedia.

Prinsip rate limitation
Kita tidak dapat melakukan pembatasan trafik yang masuk ke suatu interface, ada 2 cara dalam mikrotik untuk mengontrol traffic yaitu :
  1. Rate Limiting/Dropper/Shapper à menolak (drop) semua paket jika melebihi limit yang telah ditentukan
  2. Rate Equalizing/Scheduller à menahan sementara paket (buffering) traffic yang melebihi rate limit pada antrian (queue), dan apabila memungkinkan akan dilewatkan kemudian.

Apabila digambarkan dalam grafik trafik terhadap waktu adalah sebagai berikut :


Pada traffikc shapper untuk koneksi TCP, paket yang didrop akan dikirimkan ulang sehingga tidak ada kehilangan paket data.

Pada RouterOS, untuk masing-masing antrian traffic (queue) dikenal 2 jenis batasan rate limit.
  • CIR (Commited Information Rate) – dalam keadaan terburuk, client akan mendapatkan bandwith sesuai dengan “limit-at” (dengan asumsi bandwith yang tersedia cukup untuk CIR semua client).
  • MIR (Maximal Information Rate) – jika masih ada bandwith yang tersisa setelah semua client mencapai “limit-at”, maka client bisa mendapatkan bandwith tambahan hingga “max-limit”.

Burst
Burs adalah salah satu cara menjalankan QoS. Burst memungkinkan penggunaan data-rate yang melebihi max-limit untuk periode waktu tertentu. Jika data rate lebih kecil dari burst-threshold , burst dapat dilakukan hingga data-rate mencapai burst-limit.

Contoh burst limit
Limit-at = 128kbps, max-limit = 256kbps, burst-time=8, burst-threshold=192, burst-limit=512kbps.
Pada awalnya data rate rata-rata 0 kbps.
  • Detik ke-1, data rate rata-rata adalah(0+0+0+0+0+0+0+512)/8 = 64kbps, masih lebih kecil dari burst-threshold (192kbps), burst dapat dilakukan
  • Detik ke-2, data-rate rata-rata adalah (0+0+0+0+0+0+512+512)/8=128kbps. Burst masih boleh.
  • Detik ke-3, data-rate rata-rata adalah (0+0+0+0+0+0+512+512)/8=128kbps. Burst masih boleh


-           

No comments:

Post a Comment